Slider[Style1]

Index :. Berita Terbaru

Produk Unggulan

Kegiatan

Pendidikan

Kesehatan

Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu kabupaten yang ada di Profinsi Jawa Timur. Kabupaten Bojonegoro memiliki sebuah desa wisata budaya yang diam-diam menjadi pusat kesenian dan budaya yaitu Desa Jono yang berada di Kecamatan temayang Kabupaten Bojonegoro. Bahkan tahun 2011 lalu, Desa Jono menjadi tuan rumah Kongres Bahasa Jawa 2011.
Desa Jono yang terdiri dari 4 Dusun/dukuhan dan 17 RT serta 4 RW dan terletak sekitar 22 km dari pusat Kota Bojonegoro selalu ramai dengan atraksi budaya, mulai dari waranggono, jaranan sampai ketoprak.
Kemajuan Desa Jono tidak lepas dari ketekunan dan kegigihan kepala Desa Jono yaitu Bpk. Dasuki. Beliau mendorong Desa Jono menjadi desa wisata budaya dengan melakukan beberapa kegiatan kesenian, mulai dari karawitan anak-anak sampai tari gambyong. Dasuki juga mengembangkan kerajinan batik “Jonegoroan” dengan mendatangkan beberapa ahli batik untuk mengajari warga desa. Sampai saat ini sudah ada sekitar 400 warga yang menjadi perajin batik “Jonegoroan” di Desa Jono.
Kemajuan dari desa jono tidak lepas dari semangat Kepala Desa dan masyarakat yang selalu mendukung kesenian yang ada di desa jono. Harapan dari semua warga agar Desa Jono bias lebih maju dan berkembang lagi sehingga bias dikenal oleh semua orang dan bias dikunjungi oleh banyak orang.
Desa Jono telah berdiri sanggar Anugrah yang digunakan untuk tempat pertemuan juga menjadi tempat latihan karawitan serta tari anak-anak. Sedangkan bagi yang ingin belajar membatik dan bagaimana proses membatik di Desa Jono juga ada Sanggar Batik Jonegoro.
Banyak sekali kegiatan yang dilaksanakan di Desa Wisata Budaya Jono,seperti sedekah Bumi yang setiap Tahun menjadi agenda rutin di Desa Jono. Bahkan sabtu, 23 Juli 2016 Desa Jono dipilih menjadi Tempat Reuni dan Slaturrahmi Universitas Negeri Jember yang telah meluluskan Bpk Kapolda dan Ibu Sekda. Serta masih banyak lagi kegiatan yang dilaksanakan di Desa Wisata Budaya Jono.

Bagi yang ingin mengunjungi Desa Wisata Budaya yang ada di Desa Jono sudah tidak perlu hawatir karena di lingkungan Sanggar Anugrah dan sanggar Batik Jonegoro sudah terdapat homestay warga yang sangat senang apabila ada wisatawan yang berkunjung di Desa Jono. 

About pkk kecamatan temayang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top